HIDE
GRID_STYLE

Breaking News:

News

Kurangnya Minat Keagamaan di Kelurahan Samaenre, Civitas FISIPHUM UMSi Gelar Pelatihan Dai Muda

SINJAI, PDM.SINJAI.OR.ID--- Civitas Akademik Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sinjai (FISIPHUM UMSi...




SINJAI, PDM.SINJAI.OR.ID---Civitas Akademik Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sinjai (FISIPHUM UMSi) menggelar Pelatihan Dai Muda di Aula Kelurahan Samaenre Kecamatan Sinjai Tengah, Rabu 10 Januari 2024.

Pelatihan Dai Muda ini merupakan salah satu Program Hibah Internal Pengabdian Kepada Masyarakat yang bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Sinjai Tengah.

Abd. Wahid, S.Sos.,M.A.P sebagai Ketua Tim Pengabdi Masyarakat Program Hibah Internal menyampaikan bahwa Dai Muda ini sedang dipersiapkan untuk menjelang Safari Ramadhan tahun 2024 yang akan turun ke masjid-masjid di Kecamatan Sinjai Tengah khususnya Kelurahan Samaenre.

"Pemuda saat ini sedang disibukkan dengan urusan teknologi yang berbasis android, inilah yang menjadi kelemahan pemuda sekarang dan perlu diantisipasi dengan Pelatihan Dai Muda. Program Hibah Internal ini salah satu kewajiban Dosen UMSi yang menjadi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, ucap Abd. Wahid.

A. Baso Bintang, SE sebagai Lurah Samaenre mengapresiasi Pelatihan Dai Muda yang dilaksanakan UMSi di Kelurahan Samaenre.

"Pelatihan Dai Muda ini ditunggu pelaksanaannya dikarenakan kegiatan-kegiatan keagamaan di Kelurahan Samaenre sangat kurang. Jadi kegiatan ini bisa diharapkan untuk menarik perhatian pemuda-pemudi untuk mengikuti Pelatihan," kata Baso Bintang.

Tambahan Baso Bintang, di Kelurahan Samaenre dalam keagamaan khususnya salat Jumat dan lain-lain sering memanggil orang-orang luar untuk jadi penceramah di Masjid kita ini. Ada beberapa pemuda yang sanggup cuman tidak berani tampil didepan banyak orang.

"Ada Tokoh Pemuda Kelurahan Samaenre yang lahir dari Pelatihan Dai Muda ini dan bisa jadi contoh untuk pemuda lainnya yang akan mengembangkan Bidang Keagamaan kedepannya," lanjut A. Baso Bintang.

Setelah Pelatihan Dai Muda dibuka secara resmi, dua pemateri secara bergiliran membawakan materi yang berbeda di Aula kelurahan Samaenre. Materi pertama ialah Peran Dai Muda di Era Masa Kini yang dibawakan oleh Ust. Fajaruddin, S.Pd.I., M.Pd. dan Publik Speaking yang dibawakan oleh Abd. Wahid, S.Sos., M.A.P.

Selain dua materi tersebut, dilanjutkan dengan Praktik Ceramah dan Rencana Tindak Lanjut dari Pelatihan Dai Muda yang dipertanggungjawabkan oleh Salman, S.Sos.,M.A.P dan Abd. Wahid, S.Sos.,M.A.P.

Sekadar mengetahui, Pelatihan Dai Muda ini turut dihadiri Karang Taruna Kelurahan Samaenre dan beberapa Tokoh Pemuda se-Kecamatan Sinjai Tengah. (Muhammad Fitra)

Tidak ada komentar