HIDE
GRID_STYLE

Breaking News:

News

Gelar Pengajian Tarjih, Muhammadiyah Sinjai Utara: Keyakinan Umat terhadap Iman

  SINJAI, PDM.SINJAI.OR.ID--- Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Sinjai Utara mengadakan Pengajian Tarjih di Masjid Darul Ilmi Uni...

 


SINJAI, PDM.SINJAI.OR.ID---Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Sinjai Utara mengadakan Pengajian Tarjih di Masjid Darul Ilmi Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD) Sinjai, Kamis 8 Agustus 2024.

Pengajian tersebut digelar dengan membahas Imam Kepada Allah yang berdasarkan Himpunan Putusan Tarjih, pengajian dihadiri Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai, PCM se-Kabupaten Sinjai, Amal Usaha Muhammadiyah se-Kecamatan Sinjai Utara, dan Simpatisan Kader Muhammadiyah lainnya.

Ketua PCM Sinjai Utara, Syamsuddin, S.Sos., M.Si menyampaikan pengajian dengan Himpunan Putusan Tarjih saat ini perlu diketahui oleh kader-kader Muhammadiyah dikarenakan ini merupakan pedoman kita dalam menjalankan aktifitas sehati-hari.

Wakil Ketua PCM Sinjai Utara yang juga Narasumber Pengajian, Ustadz Fajaruddin, S.Pd.I., M.Pd menyampaikan keyakinan terhadap malaikat dalam agama islam diantaranya malaikat yang merupakan makhluk ciptaan Allah dan memiliki tugas khusus yang diberikan oleh Allah Swt.

"Malaikat sebagai pembawa wahyu ialah Jibril yang ditugaskan kepada Allah kepada para Nabi. Dalam islam, kita perlu percaya pada keberadaan malaikat yang sesuai dengan ajaran syariat dan memahami hakikat secara mendalam yang diwahyukan dalam al-qur'an dan hadis," kata Ustadz Fajaruddin.

Lebih lanjut, pengajian ini tidak hanya tentang Iman kepada Malaikat melainkan kepada Kitab diantaranya Zabur yang diberikan kepada Nabi Daud sebagai panduan dan petunjuk moral. Selain itu, Taurat diturunkan kepada Nabi Musa dan Injil kepada Nabi Isa.

"Nabi Muhammad Saw sebagai nabi terakhir dan memiliki kitab ialah al-qur'an yang berisikan sebagai pedoman hidup bagi umat manusia hingga akhir zaman. Al-qur'an juga adalah firman allah yang lengkap dan merupakan kitab terakhir yang diwahyukan," lanjutnya Wakil Ketua PCM Sinjai Utara.

Ustadz Fajaruddin menambahkan wahyu yang diturunkan oleh Allah Swt kepada rasul sebagai petunjuk hidup bagi umat manusia. Ajaran ini mengenai cara beribadah, berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. 

"Petunjuk sosial dan hukum mengatur berbagai aspek kehidupan termasuk aturan tentang hubungan keluarga, hak asasi manusia dan tata kelola masyarakat. Selain itu, memperbaiki kualitas hidup berada dalam hal panduan kesehatan, etika pekerjaan dan cara-cara mencapai kesejahteraan," tutup Ustadz Fajaruddin

Sekadar mengetahui, Pengajian Tarjih tersebut dipandu langsung oleh Muh. Akram, S.A.P yang juga salah satu Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara.

Muhammad Fitra (MPI PDM Sinjai)

Tidak ada komentar