HIDE
GRID_STYLE

Breaking News:

News

Pengajian Rutin di Desa Lasiai, Ustadz Sampaikan Pentingnya Menjaga Solidaritas Masyarakat

SINJAI, PDM.SINJAI.OR.ID--- Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sinjai Timur II mengadakan Pengajian Rutin di Masjid Arrum 30 Dusun Bontoteng...



SINJAI, PDM.SINJAI.OR.ID---Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sinjai Timur II mengadakan Pengajian Rutin di Masjid Arrum 30 Dusun Bontotengnga Desa Lasiai Kecamatan Sinjai Timur, Ahad 11 Agustus 2024.

Pengajian tersebut berlangsung Sabtu kemarin, 10 Agustus bersama Ustadz Syamsul Rijal Odde yang merupakan Ketua PCM Sinjai Timur II dengan isi pengajian ialah Hakikat Islam dalam Kehidupan.

Lebih lanjut, Pengajian rutin dihadiri Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai, PCM maupun PRM Sinjai Timur II, Simpatisan Kader Muhammadiyah lainnya dan Jamaah Masjid Arrum 30 Dusun Bontotengnga Desa Lasiai.

Ustadz Syamsul Rijal Odde menyampaikan dalam kehidupan mencakup hakikat islam dengan penerapan ajaran setiap aspek sehari-hari umat. Hal ini merupakan panduan hidup yang memiliki beberapa poin inti diantaranya ibadah dan ketaatan.

"Salat, Puasa, Zakat, dan Haji merupakan rukun Islam yang merupakan bentuk ketaatan dan pengabdian kepada Allah. Niat yang tulus dan ikhlas dalam melaksanakan ibadah ini memastikan bahwa tindakan tersebut diterima dan memberikan manfaat spiritual yang maksimal," kata Ustadz.

Dirinya menambahkan kejujuran, kesabaran, kasih sayang dan keadilan bukan hanya pedoman dalam berinteraksi dengan sesama manusia, tetapi juga mencerminkan karakter seorang muslim yang baik karena islam mengajarkan pentingnya berperilaku baik, adil, dan penuh empati dalam setiap aspek kehidupan.

"Selain itu, terdapat juga tanggung jawab sosial yang merupakan bagian integral dari ajaran islam. Ini juga membantu memberikan sedekah dan melawan ketidakadilan. Islam mengajarkan bahwa setiap individu memiliki tanggung jawab sosial untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat," tambah Ustadz Syamsul Rijal Odde.

Pengajian ini juga membahas aktifitas sehari-hari umat manusia yang dimana islam mengajarkan pentingnya menyeimbangkan kehidupan duniawi dengan kehidupan spiritual. Setiap aktivitas yang dilakukan dengan niat yang baik dapat menjadi ibadah jika dilakukan untuk mencari ridha Allah dan memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

"Keharmonisan dan solidaritas perlu dilakukan dengan memelihara hubungan baik dalam keluarga dan komunitas adalah aspek penting dalam islam. Agama juga mengajarkan pentingnya menjaga keharmonisan, saling menghormati, dan mendukung satu sama lain untuk membangun masyarakat yang solid dan harmonis," tutup Ustadz Syamsul Rijal Odde.

Muhammad Fitra (MPI PDM Sinjai)

Tidak ada komentar