HIDE
GRID_STYLE

Breaking News:

News

Pengajian di Desa Pasimarannu, Sumber Dari Buku Tuntunan Salat-Salat Tathawwu

SINJAI, PDM.SINJAI.OR.ID--- Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sinjai Timur II mengadakan Pengajian Rutin di Masjid Al Furqan Dusun Passahak...



SINJAI, PDM.SINJAI.OR.ID---Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sinjai Timur II mengadakan Pengajian Rutin di Masjid Al Furqan Dusun Passahakue, Desa Pasimarannu Kecamatan Sinjai Timur, Ahad 8 September 2024.

Agenda tersebut berlangsung Sabtu kemarin, 7 September bersama Ustadz Imam Zarkasyi Mubhar, M.Ag yang merupakan salah satu Alumni Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sinjai dengan isi pengajian Tuntunan Salat-salat Tathawwu.

Lebih lanjut, Pengajian rutin dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai, PCM maupun PRM Sinjai Timur II, Simpatisan Kader Muhammadiyah lainnya dan Jamaah Masjid Al Furqan Dusun Passahakue Desa Pasimarannu.

Ustadz Imam Zarkasyi Mubhar, M.Ag menyampaikan salat tathawwu merupakan salah satu salat sunah yang dilakukan diluar kewajiban dan termasuk dalam kategori ibadah yang sanagt dianjurkan dalam islam karena dapat mendekatkan diri kepada Allah.

"Salah satu tuntunan salat tathawwu diantaranya salat sunah qabliyah dan ba'diyah yang dilakukan sebelum atau sesudah salat wajib. Salat sunah qabliyah dikerjakan sebelum salat Dzuhur atau salat sunnah ba'diyah setelah salat Isya," kata Ustadz Imam Zarkasyi Mubhar.

Ustadz Imam Zarkasyi Mubhar menambahkan salat duha yang dilakukan di waktu pagi, antara terbit matahari hingga sebelum waktu salat zuhur. Sedangkan salat tahajud dilakukan pada malam hari setelah tidur, antara tengah malam hingga menjelang subuh.

"Ibadah sunah tathawwu dapat meningkatkan kualitas ibadah seorang muslim. Dengan melakukan salat sunah secara rutin dapat memperdalam pemahaman dan kekhusyukan dalam ibadah," tambahnya.

Melakukan salat sunah membantu dalam menguatkan iman dan menjadikan ibadah sebagai kebiasaan yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Ibadah sunah seperti salat tahajud dan duha dapat membantu meningkatkan kesadaran spiritual dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pengajian PCM Sinjai Timur II yang bersumber dari Buku Tuntunan Salat-Salat Tathawwu yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan langkah yang baik untuk memperdalam pemahaman mengenai salat-salat sunah.

Fitra (MPI PDM Sinjai)

Tidak ada komentar